eMachines D720


Oleh: Firdaus Putra A.

Hadiah lima juta dari Kapan Lagi akhirnya berubah bentuk menjadi eMachines D720. laptop ini produksi Acer. Karena merek ini masih asing, saya browsing via google, saya temukan ulasan panjang laptop jenis ini. Sebagai berikut, “E-machines merupakan sebuah perusahaan komputer yang baerbasis di California, USA. Pada tahun 2004 perusahaan ini diakuisisi oleh Gateway dengan kucuran dana tidak kurang dari $262 Milyar. Lucunya, pada tahun 2007 Gateway akhirnya dibeli oleh Acer. Kondisi ini membuat Gateway dan emachines berada dibawah manajemen Acer. E-machines sendiri menjadi sebuah divisi low cost PC" [lihat di sini].

Di beberapa blogger banyak juga yang sudah membeli produk ini. Mengapa? Harga yang ditawarkan sangat kompetitif, berkisar 5,5 juta rupiah. Dan menariknya, spesifikasi yang ditawarkan tidak tanggung-tanggung; Processor : Mobile DualCore Intel Pentium T3400 2,16 Ghz | Chipset : Mobile Intel Cantiga GL40 Express | VGA : Intel GMA 4500M - 64 MB Dedicated | Display : 14,1″ Wide - 1280×800 Max Res | Memory : 512 MB (Free Upgrade ke 1 GB) | HD : Hitachi Travelstar 160 GB SATA-II 5400 RPM/8MB Buffer | Optcal : Hitachi-LG 8x DVD Super Multi Drive | WiFi : Atheros AR5007EG 802.11 b/g
Mic | Webcam | Gigabit LAN | OS : Linpus Linux. Dengan spesifikasi seperti itu, seorang penjual di Purwokerto menyebut eMachines sebagai “laptop seribu umat”.

Saya membeli laptop itu sekitar tiga hari yang lalu di note book center tertentu di Purwokerto. Berbeda dengan beberapa teman lain, saya beli dengan harga 5,5 juta. Namun, ada di beberapa situs e-commerce yang menjual laptop itu dengan harga 5,9 sampai 6,2 juta. Setelah saya terima, RAM langsung saya up grade 1 Gbyte dengan membayar 175 ribu. Jadinya sekarang laptop saya bisa dipacu sampai 1,5Gbyte.

Malamnya saya mencoba fasilitas WiFi laptop itu di kampus Ekonomi UNSOED. Dan hasilnya sangat memuaskan, mungkin karena memang sinyalnya bagus saat itu, atau juga karena kecepatan laptop RAM yang saya tambah.

Besoknya saya membeli tas khusus untuk laptop. Tepatnya di Metro saya ambil Real Pollo dengan harga Rp. 210.000. Sebelumnya saya tanyakan ke penjaga apakah tas tersebut muat untuk laptop 12”? Si penjaga mengiyakan. Sampai di kos, saya coba. Dan tidak seperti bayangan, tas itu terlalu kecil. Bersama Wahyu akhirnya saya ke Metro lagi untuk menukar dengan jenis atau merek lain.

Saya ambil tas dengan merek Tracker seharga Rp. 145.000. Parahnya sisa uang senilai Rp. 65.000 tidak bisa dicairkan. Justru sebaliknya, uang tersebut harus dibelanjakan bahkan harus lebih sekurang-kurangnya Rp. 500. Benar-benar hari yang naas.

Namun kenaasan itu sempat tertutupi ketika seorang teman memberi informasi kalau tulisan saya masuk dalam nominasi Lomba Cipta Esai Nasional “Kekuasaan dan Agama”. Via ponsel Wahyu saya cek kebenaran informasi itu. Dan benar, judul tulisan dan nama saya tercantum pada urutan nomor tujuh.

Terlepas dari pernak-pernik itu semua, sekarang dengan adanya laptop saya bisa mengurangi alokasi dana warnet. Pasalnya, aktivitas di dunia maya bisa saya lakukan dengan cuma-cuma di kampus Ekonomi atau lainnya. Termasuk malam ini, dimana tulisan ini saya posting via hot spot area Fak. Ekonomi UNSOED bersama Wahyu dan sepasang muda-mudi lainnya. []
Share on Google Plus

About el-ferda

Saya mulai blogging sejak November 2007. Dulu awalnya iseng sekedar mengarsip tulisan atau foto. Lama kelamaan saya mulai suka menulis. Selain blogging, saya juga suka membaca, nonton film dan diskusi ini itu. Sekarang di tengah-tengah kesibukan bekerja dan lain sebagainya, saya sempatkan sekali dua kali posting tulisan. Tentang saya selengkapnya di sini
    Blogger Comment
    Facebook Comment

6 comments :

Hilmy Nugraha mengatakan...

asik,

baru nih,

OL trus...

taro mengatakan...

selamat mas atas laptop abrunya
aku jga barusan beli ni laptop.

Ayu Laksmi mengatakan...

Wah mas..sebagai blogger baru aku salut banget untuk mas Anas
Bisa nyari duit dari ngeblog
Ajarin saya ya mas...

Salam kenal n mampir ke blog ku ya..
Aku Link mas Anas..link back saya juga ya..
thanks

zoelfa mengatakan...

mas kan ramya 512 vga 128, kalo ramnya diaupgrate 2gb vga sharenya tambah g , tlong penjelasannya

Angkasa Bali mengatakan...

Angkasa Bali

Distributor Peralatan Kantor

Jual Peralatan Kantor

Angkasa Bali Distributor alat Kantor

Angkasa Bali jual alat Kantor

Angkasa Bali jual furniture Kantor

Angkasa Bali jual furniture dan alat Kantor

farid nugroho mengatakan...

iseng ngegoogle ttg emachine D720, eh masuk ke sini.
Masih kah laptop ini dipakai? saya masih pakai buat ngeblog lho, padahal belinya 2008 silam. meski sering overheat dan beberapa bagian udah rusak. :)