Cola & Mentos


Percaya setelah Mencoba
Oleh: Firdaus Putra A.

Beberapa hari yang lalu saya menerima informasi dari millist yang menceritakan tentang bahaya Coca Cola dan Mentos. Saya kutipkan kalimat peringatan itu, “A little boy died in Brazil after eating Mentos and drinking Coca-Cola or Pepsi together. One year before the same accident happened with another boy in Brazil . Please check the experiment that has been done by mixing Coca-Cola (or Coca-Cola Light) with Mentos . So be careful with your self eating Mentos (Polo's) and drinking Coca-Cola or Pepsi together. Check this out...”

Kalimat itu mengisahkan tentang tewasnya seorang anak di Brazil yang memakan permen Mentos sekaligus dengan minuman Coca Cola. Tidak ada cerita lengkapnya, selain beberapa foto percobaan ditampilkan. Dalam percobaan itu, ketika permen Mentos dimasukan ke dalam botol Coca Cola ukuran 1 liter, terlihat air Cola muncrat ke atas. Tingginya sampai 50 – 100 cm.

Saat menerima peringatan berikut foto ilustrasinya, saya belum yakin sama sekali. Saya kira hanya sekedar black campaign. Karena rasa penasaran, akhirnya saya coba juga dengan cara yang sama. Bedanya, saya tidak menggunakan Coca Cola ukuran 1 liter. Hanya Coca Cola kemasan kaleng ukuran 250 ml. Kemudian saya masukan satu butir permen Mentos. Dan benar, hanya dalam hitungan detik, air Cola muncrat ke atas.

Saya mulai percaya bahwa meminum Cola dan sekaligus memakan permen Mentos memang berbahaya. Hanya saja, secara ilmiah, saya sampai sekarang belum mengetahui mengapa hal itu terjadi. Reaksi kimia apa yang terjadi, dan korelasinya dengan lambung atau asam lambung manusia. Saya hanya sampai pada imajinasi, bagaimana kalau air Cola yang muncrat itu terjadi di dalam lambung. Mungkin efeknya seperti ledakan atau letupan, yang tentu saja menyakitkan.

Jika fakta ini memang benar, saya rasa pihak-pihak tertentu (pemerintah, LSM kesehatan, dll) perlu mengeluarkan himbauan kepada masyarakat tentang bahaya tersebut. Informasi seperti ini perlu kita sebar-luaskan. Saya kira baik Coca Cola pun Mentos tidak ada yang tercederai track record-nya. Karena, sekali lagi, bahaya baru muncul kalau Coca Cola dan Mentos bertemu di lambung manusia.

Sekedar saran, jika Anda kurang percaya, silahkan buktikan. Tentunya tidak perlu membuktikan dengan jalan meminum Cola dan memakan permen Mentos secara bersamaan. Anda cukup membeli Coca Cola satu botol dan memasukan Mentos ke dalamnya. Sebelum mempraktikan, perlu juga kita persiapkan kain pel atau sejenisnya.

Lebih penting lagi, setelah Anda melakukan percobaan itu, sampaikanlah ke yang lain. Dan bila Anda mampu, telitilah dalam ruang laboratorium tentang reaksi kimia apa yang sebenarnya terjadi.

Selamat mencoba! Jangan lupa, setelah itu buang air Cola-nya. Jangan diminum![]
Share on Google Plus

About el-ferda

Saya mulai blogging sejak November 2007. Dulu awalnya iseng sekedar mengarsip tulisan atau foto. Lama kelamaan saya mulai suka menulis. Selain blogging, saya juga suka membaca, nonton film dan diskusi ini itu. Sekarang di tengah-tengah kesibukan bekerja dan lain sebagainya, saya sempatkan sekali dua kali posting tulisan. Tentang saya selengkapnya di sini
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 comments :

Blogger Banyumas mengatakan...

Weh..cara baru buat bunuh diri nih..Asik..

Yon's Revolta. mengatakan...

lebih keren lagi minum coca cola sama botolnya sekalian..

kalo ini ciri khas pegawai unsoed. semua di embat ha ha